SOCIAL COMPUTING
Dengan
adanya internet dan globalisasi seperti saat ini mengubah perilaku pengguna
internet dari pasif menjadi lebih aktif. Internet menjadi salah satu sarana
penting untuk berkomunikasi saat ini. Social computing adalah system terkomputerisasi
yang memungkinkan komunikasi dan kolaborasi terjadi untuk berbagai aspek.
Perkembangan
dari web 2.0 yang memungkinkan pengguna internet untuk dapat saling
berinteraksi. Mulai pada tahun 2006, terjadi perkembangan yang signifikan pada
area social computing, seperti halnya social commerce dan perkembangan social
software bagi perusahaan. Dengan kemungkinan untuk berinteraksi dan fitur untuk
berkomunikasi, social computing mulai dilirik untuk diadopsi dalam perkembangan
pendidikan dan area pengetahuan disamping diadopsi oleh bisnis yang
menjadikannya sebagai social commerce dan cukup popular saat ini.
Beberapa
contoh fitur yang ditawarkan sebuah social computing diantaranya:
1.Blog
Blog merupakan salah satu contoh social
computing yang sangat dikenal dan sangat mudah untuk diadopsi. Blog membantu
beberapa kelompok penguna untuk dapat saling berinteraksi dan berbagi nformasi.
Melaui hal ini, maka pengetahuan juga akan menjadi lebih cepat untuk di
transfer. Beberapa yang sangat popular adalah gawker, typepad, sharepoint atau
weblogs.com. Perusahaan dapat membuat blog internal dimana menyediakan wadah
bagi para karyawan untuk dapat menuliskan pengetahuan yang mereka miliki
misalnya artikel.
2.
Wiki
Wiki merupakan salah satu software yang
memungkinkan untuk kolaborasi. Pengguna internet yang bisa berkolaborasi dalam
satu tulisan bisa berasal darimana saja, bisa ekspert ataupun pelajar baru.
Tujuannya adalah agar satu topik yang dibicarakan dapat dikembangkan sedemikian
rupa dari mendapatkan berbagai masukan dan ilmu baru. Sehingga belajar tidak
hanya dari satu sumber saja. Beberapa software aplikasi yang mirip dengan wiki
adalah seperti basecamp, socialtext, dan lain lain.
3. Game Online
Game online yang sangat banyak diminati
oleh masyarakat juga bisa dikategorikan sebagai social computing. Ketika
bermain game, user dimungkinkan untuk dapat berinteraksi secara langung,
berkomunikasi/chatting dengan lawan main atau teman main satu grup. Ini akan
membangun jaringan komunikasi dan komunitas.
4.
Media Sosial
Sudah tak diragukan lagi bahwa media
social saat ini sudah sangat marak untuk digunakan oleh seluruh pengguna
internet baik tua ataupun muda. Media social merupakan media yang menjadi
tempat bagi orang – orang untuk berbagi hal yang bersifat umum atau pribadi
bahkan memungkinkan untuk dapat berinteraksi seperti facebook, twitter, skype,
youtube, linkedIn, myspace, dan lain sebagainya.
5.
Online Dating
Begitu maraknya aplikasi online saat ini
termasuk online dating yang dapat mempertemukan dua orang yang sedang mencari
pasangan. Contoh web online dating yang popular adalah OkCupid, Match.com,
eharmony, dll
6.
Social Commerce
Dunia bisnis pun saat ini mendapatkan
keuntungan yang sangat banyak dengan adanya social computing karena ini berarti
bahwa mereka dapat memberikan promosi yang lebih besar dan mendapatkan
pelanggan lebih banyak. Namun perusahaan juga harus menjaga agar bukan berita
buruk yang tersebar. Yang termasuk ke dalam social commerce adalah seperti
kaskus, shopee, dll
Sumber
data :
https://sis.binus.ac.id/2017/08/25/social-computing/
Komentar
Posting Komentar